Kamis, 06 November 2014

Menu Makanan Sehat di Pagi Hari

Menu Makanan Sehat di Pagi Hari - Makanan merupakan bahan utama yang dibutuhkan manusia sebagai sumber energi dan tenaga untuk hidup serta membantu pertumbuhan organ tubuh dan otak dalam melakukan aktifitas rutinnya. Seperti slogan kesehatan yang kita kenal dengan 4 sehat 5 sempurna. Zat-zat bergizi inilah yang penting terdapat dalam kandungan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
 

Sejak pagi hingga malam hendaknya menu makan yang kita konsumsi merupakan makanan-makanan yang terjaga gizinya.
 

Begitu juga dengan sarapan sehat di pagi hari memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam. Sarapan pagi berguna untuk mengganti waktu malam yang tak terisi makanan dan menambah kebutuhan gula anda. Badan kita terdiri lebih dari Trilyunan Sel dan memerlukan 114 macam nutrisi (vitamin dan mineral) yang berbeda-beda. Saat bangun pagi tubuh kita memerlukan ratusan jenis nutrisi, dan 45 jenis diantaranya harus disuplai dari makanan yang kita konsumsi.
 

Di pagi hari, setelah anda berhenti makan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh akan turun ke tingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh anda menggantinya dengan melepaskan zat gula yang tertimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glikogen. di bawah ini adalah beberapa Kriteria dari Sarapan Yang Baik :

1.    Menyediakan tubuh dengan semua Nutrisi Penting : karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin-vitamin, dan mineral-mineral.
2.    Menyediakan tubuh dengan Energi
3.    Menyediakan tubuh dengan Air
4.    Membantu menjaga normalnya Kadar Gula Darah
 

Beberapa menu makanan sarapan pagi yang ringan, sehat dan tentunya bergizi. Diantaranya yaitu :

1. Nasi Goreng Telor
 

nasgorNasi goreng adalah salah satu menu makanan sehat di pagi hari yang bergizi dan sangat mudah untuk disajikan. Nasi goreng mengandung karbohidrat yang cukup banyak, sehingga bisa menjadi energi bagi anda yang membutuhkan banyak energi untuk aktivitas pekerjaan anda. Tambahan telor ceplok, sosis ayam dan sayur – sayuran akan menambah sarapan kita lebih bergizi.



2. Sandwich Daging Sapi
 

sandwichSandwich adalah salah satu menu sarapan yang cukup praktis. Yang perlu disiapkan adalah dua buah roti yang bisa di isi dengan daging sapi, sayuran ataupun keju. Untuk membuatnya juga tidak memerlukan waktu banyak, sekitar 10 menit saja. Untuk mencukupi kadar gizi dari sandwich ini, anda juga bisa menambahkannya dengan menyajikan segelas susu berenergi.


 

3. Bubur Ayam
 

bur yamBubur ayam merupakan salah satu menu sarapan di pagi hari yang cukup bergizi. Taburan ayam dan beberapa sayuran tambahan yang menjadi pelengkap dan kuah opor yang segar dan tidak begitu pedas menjadikan bubur ayam ini menjadi sarapan yang sehat dan aman untuk anak – anak.

 



 

4. Tempe dan Tahu Goreng
tahu tempe
Tempe dan tahu goreng adalah salah satu menu sarapan pagi dan sekaligus menu makanan sehat di pagi hari. Cara penyajian yang cukup mudah dan singkat membuat menu ini menjadi alternatif menu sarapan di pagi hari yang biasa dengan sedikitnya waktu untuk sarapan.




Itulah 4 menu makanan sehat yang bisa anda siapkan untuk keluarga kesayangan anda di rumah. Pilihlah menu di atas sebagai menu setiap pagi, usahakan sarapan di pagi hari tidak terlalu berat dan terlalu kenyang, karena akan mengganggu aktivitas anda di pagi hari. Jika terlalu kenyang, perut akan menjadi tidak enak, apalagi anda yang tidak menyukai sarapan pagi atau sarapan pagi hanya dengan secangkir susu dan roti tentu akan membuat perut anda merasa mual. Sarapan secukupnya dengan menu sarapan yang sehat dan bergizi setiap hari. Yang terpenting juga adalah sarapan pagi yang padat gizi dan mengandung cukup nutrisi, vitamin, mineral, protein, karbohidrat kompleks serta cukup air putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar